Mobile Cash Dynamite
INGIN MEMBANGUN APLIKASI BISNIS DI HANDPHONE ANDA DARI MOBILE CASH DYNAMITE Click Here!
Minggu, 18 September 2011
tugas_pti101_rofiqi.rifyal_sio211
Studi kasus.
Tahun 1985. Pasar komputer rumahan (
Personal Computer
,
PC) terbagi menjadi dua: AppleMacintosh dan IBM. Apple adalah produk eksklusif sehingga hanya ada pemain tunggal di sini.Sebaliknya dengan IBM PC. Sebagai produk massal
,
target marketnya lebih luas dan dijualdengan harga lebih murah dari Mac. Tak heran kalau di sini persaingan jauh lebih keras. Ratusan perusahaan memproduksi komputer yang kompatibel dengan IBM
,
yang dikenal dengan istilahIBM-compatible PC.Kebanyakan perusahaan produsen PC tersebut adalah perusahaan berskala kecil atau menengah. Namun salah satu diantaranya
,
Compaq Computer Corporation
,
adalah perusahaan raksasa yangmenjadi kompetitor utama IBM. Pada 1988
,
penjualan PC Compaq mencapai $500 juta
,
angka penjualan yang membuatnya menggeser posisi IBM sebagai pemimpin pasar PC.Compaq menerapkan strategi marketing yang sama dengan IBM
,
yakni menggunakan jaringandistribusi pihak ketiga. Dengan demikian komputer-komputer produksi Compaq dapat ditemui ditoko-toko ritel yang sama yang menjual komputer buatan IBM. Compaq mengungguli IBMdalam usaha menarik perhatian peritel dengan cara memberi mereka margin laba yang lebihtinggi apabila menjual produk Compaq. Selain itu Compaq juga tidak memiliki armada penjualan langsung yang bisa menyaingi penjualan di toko-toko umum
,
sehingga para peritelmerasa lebih nyaman.Kedua perusahaan rakasasa itu terus bersaing sengit memperebutkan pasar
,
tanpa menyadarikehadiran pemain baru
,
Michael Dell
,
yang hadir dengan konsep pemasaran yang radikal. Delltidak ikut terjun ke dalam perkelahian dua raksasa komputer itu. Sebaliknya
,
dia menerapkanstrategi gerilya: menggunakan model penjualan langsung yang unik. Ia membuka pemesanankomputer melalui telepon bebas pulsa dan membiarkan calon pembeli memilih sendirispesifikasi komputer yang diinginkannya. Begitu pesanan masuk
,
informasi tersebutdisampaikan ke pabrik Dell terdekat yang lantas merakit PC sesuai spesifikasi tersebut.Jelas
,
keunggulan Dell adalah pembeli memperoleh PC persis seperti keinginannya. Sebaliknya
,
pembeli PC IBM atau Compaq terkadang kecewa dengan PC yang dibelinya karena kekuranganmaupun kelebihan fitur yang dibutuhkan untuk bekerja. Itu karena PC yang mereka beli sudah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar