Mobile Cash Dynamite

INGIN MEMBANGUN APLIKASI BISNIS DI HANDPHONE ANDA DARI MOBILE CASH DYNAMITE Click Here!

Minggu, 16 Oktober 2011

tugas_pti03_rofiqirifiyal_sio211

·     *    Sebuah sistem manajemen basisdata relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya. Contoh penggunaan DBMS ada banyak sekali dan dalam berbagai bidang kerja, misalnya akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Meskipun pada awalnya DBMS hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan berskala besar yang memiliki perangkat komputer yang sesuai dengan spesifikasi standar yang dibutuhkan (pada saat itu standar yang diminta dapat dikatakan sangat tinggi) untuk mendukung jumlah data yang besar, saat ini implementasinya sudah sangat banyak dan adaptatif dengan kebutuhan spesifikasi data yang rasional sehinggal dapat dimiliki dan diimplementasikan oleh segala kalangan sebagai bagian dari investasi perusahaan.

·     *    Multidimensional data model adalah cara pandang melihat data berdasarkan cara pandang multi dimensional, strukturnya disesuaikan untuk mengoptimalkan analisis data berdasarkan data dari relational database dan diolah sehingga informasi dapat dikategorikan sehingga bisa dilihat menjadi beberapa cara/sudut pandang . multidimensional data model merupakan variasi dari model relasional yang mengunakan struktur multidimensional mengorganisasikan data dan menjelaskan relasi antara data.
Data warehouse merupakan repository data dari suatu organisasi, didesain untuk memfasilitasi reporting dan analisis. Walaupun defines data warehouse memfokuskan diri pada penyimpanan data, namun pembacaan data, analisa, transformasi data juga dianggap penting sebagai komponen sistem data warehouse.Datacube merupakan array yang mempunyai 3 atau lebih dimensi yang digunakan untuk menyimpan data. endekatan mengunakan analisa multidimensional , OLAP mengunakan multidimensional data model sehingga memungkinkan melakukan analisa yang komplek dengan waktu yang cepat. OLAP menyediakan presentasi dari multidimensional data dari data yang ada di data warehousing , menciptakan data cube yang mengorganisasi dan merangkum data agar dapat dilakukan analisis data yang efisien. Desain dari struktur data warehouse dapat mempengaruhi  seberapa mudah sebuah data cube bisa didesain dan dibangun.

·      *   Data mining adalah Serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basisdata dengan melakukan penggalian pola-pola dari data dengan tujuan untuk memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga yang diperoleh dengan cara mengekstraksi dan mengenali pola yang penting atau menarik dari data yang terdapat dalam basisdata.

·     *    Gudang data (Bahasa Inggris: data warehouse) adalah suatu sistem komputer untuk mengarsipkan dan menganalisis data historis suatu organisasi seperti data penjualan, gaji, dan informasi lain dari operasi harian. Pada umumnya suatu organisasi menyalin informasi dari sistem operasionalnya (seperti penjualan dan SDM) ke gudang data menurut jadwal teratur, misalnya setiap malam atau setiap akhir minggu. Setelah itu, manajemen dapat melakukan kueri kompleks dan analisis (contohnya penambangan data, data mining) terhadap informasi tersebut tanpa membebani sistem yang operasional.

·        * Online Transaction Processing atau yang sering disebut dengan OLTP adalah system yang berorientasi proses yang memproses suatu transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan [Nandang, 2004] Seperti misalanya kasir pada sebuah super market yang menggunakan mesin dalam proses transaksinya.

·       *  Extract, transform, dan load ( ETL ) merupakan sebuah sistem yang dapat membaca data dari suatu data store, merubah bentuk data, dan menyimpan ke data store yang lain. Data store yang dibaca ETL disebut data source, sedangkan data store yang disimpan ETL disebut target. Proses pengubahan data digunakan agar data sesuai dengan format dan kriteria, atau sebagai validasi data dari source system. Proses ETL tidak hanya menyimpan data ke data warehouse, tetapi juga digunakan untuk berbagai proses pemindahan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar